Minggu, 06 Januari 2019

RIZKI SEMPIT DIMANAKAH SALAHNYA


Ibnul Qayyim Al-Jauziyah Mengatakan " Allah menyamakan antara dosa dan hutang. Orang yang berdosa akan menanggung kerugian di akhirat sedang orang yang berhutang akan mendapat kerugian di dunia.

"_kemaksiatan adalah penutup pintu kehidupan, karena sesungguhnya seorang hamba akan di haramkan baginya rizki jika dia melakukan perbuatan dosa. Wahai orang yg membuka pintu kehidupan tanpa kunci takwa, mengapa kamu memperluas jalan kesalahan dan kemudian melaporkan kesempitan rizki.

kebnayakn kita, jika masalah kesempitan rizki datang, ada yg berfikir untuk bagaimana bekerja lebih keras, beriktiar lebih banyak, berfikir lebih cerdas dan seterusnya. Salah kah...?

Tidak sepenuhnya salah. Tetapi coba kita lihat bagaimana Al-qur'an menyelesaikan masalah rizki ini.

Allah berfirman:

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا

maka aku berkata (kepada mereka), “Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu, Sungguh, Dia Maha Pengampun,

-Surat Nuh, Ayat 10

وَيَا قَوْمِ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ ثُمَّ تُوبُوا إِلَيْهِ يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا وَيَزِدْكُمْ قُوَّةً إِلَىٰ قُوَّتِكُمْ وَلَا تَتَوَلَّوْا مُجْرِمِينَ

Dan (Hud berkata), “Wahai kaumku! Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu lalu bertobatlah kepada-Nya, niscaya Dia menurunkan hujan yang sangat deras, Dia akan menambahkan kekuatan di atas kekuatanmu, dan janganlah kamu berpaling menjadi orang yang berdosa.”

-Surat Hud, Ayat 52

وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَلْ لَكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَلْ لَكُمْ أَنْهَارًا

dan Dia memperbanyak harta dan anak-anakmu, dan mengadakan kebun-kebun untukmu dan mengadakan sungai-sungai untukmu.”

-Surat Nuh, Ayat 12

Dari ayat2 diatas Allah mengatakan bahwa sumber dari kesempitan adalah disebabkan karena dosa dan kesalahan. Maka istighfar dan taubat adalah jalan pembuka dari segala kesulitan termasuk Rizki

Yuk perbanyak bertaubat dan beristighfar hari ini dan setiap hari agar allah hilangkan segala kesulitan dan permasalahan kita. Termasuk rizki2 kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar